Kemendagri: Ormas Islam turut berperan sebagai katalisator pembangunan

Sabtu, 20 Februari 2021, DPD LDII Kabupaten Purwakarta mengikuti Webinar kebangsaan yang diselenggarakan oleh DPP LDII.

Webinar yang diikuti oleh jajaran pengurus DPP, DPW dan DPD LDII se-Indonesia tersebut bertemakan ‘Peran Ormas Islam dalam Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan pada Masa Pandemi.”

Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso berujar, “LDII memandang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI merupakan landasan penting bagi keberadaan bangsa dan negara Indonesia. Hal ini merupakan harga mati yang harus dijaga keberadaannya.”

“Dengan arahan para narasumber, LDII akan terbantu dalam menjalankan dakwah yang menyejukkan di seluruh Indonesia”, lanjutnya.

Narasumber yang hadir pada acara tersebut adalah Sri Hayati dari Kementerian Dalam Negeri RI, Dirjen Bimas Islam Prof. DR. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA, serta HM Affan Rangkuti Ketua Umum Patriot Bangsa.

DPD LDII Kabupaten Purwakarta mengikuti Webinar di Studi Mini Baitul Auliya, Sukamulya

Sri bertutur bahwa realitas keberadaan NKRI adalah Negara Bangsa (Nation State), dan sebagai Negara Bangsa maka ada keberagaman ras, suku, etnis, golongan, agama, adat istiadat, kebudayaan maupun kondisi geografis.

“Organisasi kemasyarakatan memegang peranan penting dalam membangun ke-bhinneka tunggal ika-an yang berdampak langsung pada proses pembangunan. Organisasi masyarakat harus mampu berperan sebagai katalisator pembangunan,” imbuhnya.

Kamaruddin selaku narasumber dari Dirjen Bimas Islam berujar, “Perlu adanya pengembangan dakwah moderasi beragama yang mengedepankan toleransi, saling menghargai, saling menghormati, cinta tanah air, menghargai budaya dan tradisi, menghindari kekerasan, serta menghindari narasi kebencian.”

Memperkuat narasumber lainnya terkait dengan peran ormas dalam pembangunan, HM Affan Rangkuti, ormas Islam perlu mengembangkan sentimen kebangsaan bersamaan dengan perkembangan kegiatannya.

– SU –